Translate

Sabtu, 01 Agustus 2015

Krabi dan Phi Phi Island

Kamis, 9 April 2015… hari yang ditunggu-tunggu untuk travelling ke luar negeri lagi setelah terakhir kali traveling bulan Maret 2014…. Wuihhhh berarti udah setahun lebih diriku tidak travelling ke luar negeri. Tiket inipun dibelinya Juni 2014 pas ada promo free seat-nya Air Asia, dan kita dapat dengan harga IDR370.000 untuk tiket PP Surabaya-Kuala Lumpur. Kok Malaysia lagi ??? Yup Malaysia…tapi ini hanya transit doang…kitaaaaaa (a-nya banyak karena memang rombongan ber-sepuluh orang…hahahaha….kayak rombongan tour & travel ya…) mau ke Krabi dan Phi Phi island di Thailand. Itu loh…pulau yang terkenal gara-gara salah satu pantainya yaitu Maya beach dijadikan syuting The Beach-nya Leonardo d Caprio.




Berikut adalah itinerary yang aku buat :

Tanggal Jam Rute
Day 1, Thursday 09 April 2015 07.00 Ready @Juanda airport Surabaya

08.50 - 12.25 Flight to KL

12.25 - 13.30 Landing, arrival, imigrasi, etc

13.30 - 15.00 To KL Sentral by bus


Lunch @KLSentral


Left luggage

15.00 - 18.00 To KL Tower


By Monorail get down at Raja Chulan walk straight along Jalan Raja Chulan, where you will find Muzium Telekom (on your left). Walk straight further down and you will see St. Andrew’s Presbyterian Church (on your right). As you continue walking straight, there is Forestry Department Peninsular Malaysia to your left (Jabatan Perhutanan Semenanjung Malaysia) and later on Shell station to your right. Walk on until you a traffic light junction, turn left. Walk a few metres ahead, then turn left into the Jalan Punchak off Jalan P.Ramlee. Walk up the hill until you see a Guard House with Menara Kuala Lumpur free shuttle service waiting to take up to the tower.


observatorium deck RM49, open deck RM99


1Malaysia Cultural village, bukit nanas jungle

18.00 - 19.00 Petronas twin tower


LRT from KL Sentral to KLCC

18.00 - 20.00 Jalan Alor for culinarry


nearest station : Bukit bintang monorel

20.00 - 21.00 dinner

21.00 - 21.30 To Puduraya, walking for 10 minutes

22.00 - 07.00 To Hat Yai by bus (estimated 9 hours)


booked ticket online via : http://www.easybook.com/bus-ticket/


Thai insurance (paid on Malaysia border)



Day 2, Friday 10 April 2015 07.00 Arrive Hatyai


Booked minivan from tour agent not the tout. Davis tour (Sri Maju bus) selling ticket to Krabi for THB250/person.

07.00 - 08.00 Breakfast

08.00 - 12.00 Getting around Hat Yai :


Blue songthaew runs from Hat Yai International Airport, passing Tesco Lotus 2 (Hat Yai Nai), Hat Yai Minivan Station (Talat Kaset), the intersection near Kim Yong Market, the clock tower, the fountain roundabout, Big C Extra (Carrefour), Kho Hong T-junction (the road to Hat Yai Park), Tesco Lotus 1 (opposite Prince of Songkla University), Green Way Market, ASEAN Trade Market, ends at Hat Yai Bus Station, and runs the same route back to the airport. 20-30 baht.

Red/Maroon songthaew numbered 33 runs between the Bus Station and Koh Me, passing Diana, Kim Yong Market, the Clock Tower, BigC Extra (former Carrefour), Hatyai Park. Make sure it's numbered 33 since there are similarly-colored songthaews with different routes. The service ends around 18:00. 10 baht flat rate.

White songthaew runs between Kuan Lang and Hatyai Park, passing Kim Yong Market, the Clock Tower. 10 baht flat rate.


Rent car 1000bath


Wat Hatyai Nai (3rd biggest Buddha in the world) วัดหาดใหญ่ใน


Hat Yai City Municipality Park สวนสาธารณะเทศบาลเมืองหาดใหญ่


Lunch

12.00 - 16.00 To Krabi

16.00 - 17.00 Hotel check-in


โรงแรมซิตี้กระบี่ City Hotel Krabi
15/2-4 Maharaj Soi 10 A.Muang
Krabi Town, 81000, Thailand
5/2-4 ซ.10 ถ.มหาราช อ.เมือง (กระบี่, 81000)
+6675621280

17.00 - 18.00 Booking island tour (phiphi & 4 island)

18.00 - 21.00 Tiger Cave temple


There's red songthew across the seven eleven that will bring you to tiger cave temple for 20bath (agree the price in advance with the driver).


dinner



Day 3, Saturday 11 April 2015 07.00 - 07.30 Wake-up, breakfast

08.00 - 17.00 Phi Phi Island tour


Phi Phi islands is one of the most popular tourist destinations in the south, and is a must see during your stay in Krabi. Enjoy a one hour cruise on the Andaman sea, through stunning rock formations,limestone mountains and turquoise sea. You will visit Bamboo Island for a memorable snorkeling experience and see amazing schools of colourful fish and coral life. Then onto Koh Samah and the famous Maya Bay where the film “The Beach” was shot. Visit the first location of where the Swallow Bird nests were collected at the Viking Caves as well as the pre-historical wall painting in the same cave. Lunch is served at the restaurant on Phi Phi Don Island.

08.00 Pick up from Krabi Town and klong Muang 08.30 Pick up from Ao Nang 09.00 Depart from pier by Speed boat.

Tour Spot
Bamboo Island : Relaxing on the wonderful beach
Viking cave: Photography and Sightseeing
Lohsamah Bay: Enjoy the color fish and coral in shallow water.
Pileh Bay:Beautiful Lagoon.
Maya Bay: (Scene of the film " The Beach") which is surrounded by mountain and white sand.
Monkey Beach: Exploring deserted beach and fancinating coral reef.
Phi Phi Don: Enjoy lunch at restuarant on the beach and relaxing
Hin Pae: For snorkeling

16.00 Return to Ao Nang

Inclusion: Hotel Transfers, Insurance, Guide, Mask, Snorkel and life Jacket, Lunch- Restaurant at Phi Phi, Fruits & Drinking water

17.00 - 20.00 Aonang night market, Aonang beach

20.00 - 21.00 Blue Dragon Cabaret Show


Located in Center Point, along the beach front in Ao Nang and certainly is very entertaining to watch.
Show time 1: 08.00 Pm.- 09.00 Pm.
Show time 2: 09.30 Pm.- 10.30 Pm.
Show time 3: 11.00 Pm.- 12.00 Pm.


dinner



Day 4, Sunday 12 April 2015 07.00 breakfast

08.00 - 16.00 4 island tour by longtail boat


Poda island, Chicken island, Tup island, Phranang cave, lunch included

16.00 - 21.00 krabi river, crab statue, krabi night market


dinner



Day 5, Monday 13 April 2015 05.00 wake-up and ready to krabi airport


rent car to airport (400-500bath/car)

07.55 - 10.15 back to KL


breakfast

10.15 - 11.00 Immigration & left luggage


The Luggage Storage / Left Luggage facility is located next to the exit area of the Domestic gates at the Arrival hall, KLIA2 and it is also available at shop unit L2-136A, Level 2 of the Gateway@KLIA2


lunch

11.00 - 12.00 To Putrajaya


by KLIA Express


Interesting place : Perdana Putra, Seri Wawasan Bridge, Danau Putrajaya, Masjid Putra, Putrajaya wetlands Park, Mercu tanda

12.00 - 13.30 Putrajaya Cruise


Walk down the steps from Dataran Putra and follow the Cruise Tasik signages. You should be able to reach ticket booth/jetty in less than 5 minutes. The ticketing counter is located at Putra Jetty, underneath Putra Bridge.
Boat : 10am, 11am, 12pm, duration 25 minutes for RM25
Perahu : 10am - 6.30pm, duration 25 minutes for RM40
Lepa lepa : 10am - 6.30pm, duration 25 minutes for RM20

13.30 - 14.00 Back to KLIA2 by taxi

14.00 ready @KLIA2

16.15 - 17.55 Flight to Surabaya




Dan seperti biasa, pasti ada saja yang harus terlewatkan karena waktunya nggak nutut, terutama yang di Malaysia hari pertama dan Hatyai, tapi ga kecewa kok kan emang tujuan utama kita adalah Krabi. Kalau ada yang terlewatkan berarti kita harus kesana lagi...oke ??


Day 1 – Petronas again& 14 hours overland to Thailand

Jam 12.30 siang waktu Malaysia kitaaaaaa (untuk selanjutnya akan disebut “kita” saja hehehehe…) mendarat di KLIA2. Ini pertama kalinya bagiku berada di KLIA2…benar-benar jauh beda dengan LCCT. Lebih luas dan pastinya lebih bagus. Langsung aja kita beli tiket bus ke KL Sentral seharga RM10 per-orang. Sebelumnya sempat intip harga tiket kereta KL Express/Transit yang sekarang harganya sudah nggak bersahabat lagi.

Sampai di KL Sentral, langsung deh kita sewa locker 2 buah yang paling besar untuk semua tas kita bersepuluh, lalu cari makan siang sendiri-sendiri. Aku dan mbak Esti makan di foodcourt masakan Korea namanya Daebak Station. Satu porsi paket bulgogi seharga RM15 kita bagi berdua dan kenyanglah kita.


Locker-locker di KL Sentral


paket bulgogi di Daebak Station KL Sentral, isinya : Nasi, bulgogi, kimchi, salad, sup, buah, dan teh...lumayan kenyang untuk berdua.

letaknya di food court KL Sentral di paling pojok kanan dalam


Sebenarnya aku pengen sekali ke menara KL dan naik sampai di open deck, tapi berhubung waktu nggak memungkinkan, jadi kali ini menara KL hapus dulu dari daftar. Kita langsung menuju ke petronas twin tower karena sebagian besar dari rombongan belum pernah ke Malaysia, jadi haruslah kita mengunjungi icon Malaysia ini hehehehe…




Formasi lengkap minus me yang jadi potograper


akhirnya berpose sendiri aje... "curvy me and skinny petro" hahaha

ada yang manfaatin buat poto pre-wed gratisan loh...

inside petronas...tapi nggak sampai naik...ini di lantai dasar saja


Puas foto-foto di Petronas, kita capcus balik ke KL Sentral ambil bagasi dan langsung naik monorel ke Bukit Bintang dengan tujuan ke jalan Alor untuk kuliner, karena jalan Alor ini memang terkenal dengan kuliner-nya.






suasana jalan alor, berbagai macam pilihan kedai makanan dan jajanan lengkap ada disini.... duh lobsternya menggoda banget..mulai 10 ringgit/ekor

nih semua pada bingung mau makan dimana...jadinya nggak ada yang sadar kamera...hihihi

udah nemu tempat makan....masih juga bingung milih menunya..


Urusan perut selesai, kita langsung jalan kaki menuju terminal Puduraya atau sekarang disebutnya Pudu Sentral. Pudu Sentral ini hanya berjarak sekitar 10 menit jalan kaki dari jalan Alor. Sebelumnya (dua minggu sebelum keberangkatan) kita sudah beli ticket bus KL-Hatyai online di http://www.easybook.com/bus-ticket/, jadi kita tinggal tukerin print-out voucher kita dengan tiket di counter tiket di lantai 3 terminal Pudu Sentral ini. Sambil nunggu keberangkatan bus, beberapa dari kita mandi-mandi dulu di toilet umum… kalau aku sih kagak..takut cantiknya luntur hihihihi.


nih tiket busnya yang sudah kita tukarkan di counter Sri Maju


Tepat jam 10 malam bus Srimaju yang kita tumpangi meluncur menuju tujuan kita selanjutnya…Hatyai. Busnya oke lhooohhh… isi 24 penumpang, reclining seat, free wifi (ini yang penting…jadi bisa update status dan nge-game hehehehe). Selama perjalanan, bus berhenti beberapa kali untuk memberi kesempatan ke toilet.



inside bus...free wifi sampai perbatasan malaysia-thailand



Day 2 – Imigrasi oh imigrasi….

Sekitar jam 5 pagi kita mulai masuk perbatasan Malaysia Thailand. Di tempat perhentian terakhir sebelum memasuki imigrasi sopir akan meminta passport kita untuk dilakukan pengecekan dan pembelian asuransi (wajib) masuk Thailand. Saat passport dikembalikan  (kita ambil sendiri di counter pada saat beli asuransi) sudah dilengkapi dengan departure card yang sudah tercetak dengan data-data sesuai passport, kita tinggal tandatangan saja dan isi hal-hal seperlunya. 


Ini stand pembelian thai insurance dan tempat pengambilan passport kita. Disini juga bisa beli kartu perdana Thailand juga.

Kartu kedatangan yang telah tercetak data2 kita dan asuransi yang wajib kita beli.


Tiba di imigrasi Padang Besar Malaysia, sopir menyuruh kita turun untuk antri di imigrasi dan bis akan menunggu kita saat keluar dari imigrasi. Perjalanan dilanjutkan kira-kira 10 menit kemudian tiba di imigrasi Sadao Thailand. Saat tiba di imigrasi Sadao Thailand ini seluruh barang bawaan kita harus dibawa turun juga….entah kenapa…padahal saat di imigrasi nggak di check juga kok. Dan disini antriannya …..luar biasa lama…aku baru keluar dari area imigrasi setelah antri 1.5 jam…fuihhh. Dan petugas imigrasi di sini dengan terang-terangan meminta uang ke kita, jumlahnya sih nggak banyak… dia nunjukin duit 1 ringgit ke kita, maksudnya kita disuruh ngasih dia 1 ringgit.


suasana imigrasi Malaysia

suasana imigrasi Hatyai

peta gratis di imigrasi Hatyai


Selesai proses imigrasi yang melelahkan, kita sudah ditunggu sopir di pintu keluar imigrasi. Peta Hatyai tersedia di area imigrasi, di pintu keluar.
Setelah semua kumpul, langsung menuju tempat parkir bus untuk melanjutkan ke kota Hatyai. Menurut pak supir bus, antrian lama kayak yang kualami ini nggak tiap hari kok, ini kebetulan pas mau libur panjang karena ada hari raya Songkran, makanya semua orang Thai pulang kampung dan turis-turis juga berdatangan karena ingin mengikuti Songkran festival.



disetiap sudut kota sudah mulai mempersiapkan songkran festival

salah satu pemandangan menarik setiap pagi di Thailand... para biksu mendoakan penduduk dan para penduduk akan memberikan persembahan untuk mereka.

setelah antri di imigrasi...bisa kok langsung cobain cemal cemil khas thailand di pintu keluar imigrasi



Dari imigrasi Sadao menuju kota Hatyai sekitar 1.5 jam, dan kita diturunkan di kantor agen bis Sri Maju di Hatyai yaitu Davis Tour. Begitu turun dari bis langsung diserbu oleh supir tuk-tuk dan songthew yang menawarkan jasanya. Kita langsung masuk ke kantor Davis tour dan menanyakan jadwal van menuju Krabi untuk sore hari, karena rencananya kita mau explore Hatyai dulu siang ini. Ternyata jadwal yang kosong hanya pemberangkatan jam 9 pagi dan 10.30, untuk yang siang sampai sore hari sudah penuh. Akhirnya kita putuskan ambil yang 10.30 karena kalau jam 9 terlalu mepet sedangkan kita belum sarapan. Dan batal juga deh rencana mau explore Hatyai seharian.



Davis tour...agen resmi Sri Maju di Hatyai.... aaahhh ada yang sadar kamera

songthew di Hatyai

makanan khas Hatyai yang dijual disepanjang jalan

sepeda motor multifungsi...hihihi

harus cobain mangga Thailand...enak bingitssss

panggung di salah satu sudut kota untuk merayakan songkran festival

dan dimana-mana dijual senjata semprot air mulai dari yang mini sampai ukuran super jumbo

waktu 1 jam untuk mengelilingi krabi dan hasilnya adalah barang belanjaan ini...dasar cewek ya..


Tepat jam 10.30 van berangkat dari Davis tour menuju Krabi, van berisi 13 orang termasuk supir, dan dilarang makan di dalam van… kita sempat ditegur karena makan di dalam van…hehehehe…maap pak. Perjalanan selama 4.5 jam diselingi berhenti satu kali untuk makan siang.


inside van yang berisi 12 orang

salah satu spot ditempat perhentian makan siang

bagi yang muslim tidak usah kawatir... restoran halal banyak banget di Hatyai dan Krabi

kalau aku cemal-cemil aja... nih salah satunya...pisang bakar..kagak enak menurutku karena pisangnya mentah jadi meskipun udah dibakar tetep aja berasa sepet.

kalau ini enak...krupuk ikan

yang mau langsung beli oleh-oleh juga bisa...

satu please...hehehe


Last stop van di Krabi adalah di Chao Fa pier. Karena kita menginapnya di area Krabi night market, jadi kita tinggal jalan kaki 10 menit saja ke hotel kita, yaitu City Hotel Krabi. Untuk kita bersepuluh, aku pesan 1 kamar double, 1 kamar triple dan 1 kamar quad. Untung waktu check-in orang hotelnya nggak mempermasalahkan kelebihan orang-nya. Sekalian kita booking van dari hotel untuk mengantar kita ke bandara Krabi di hari terakhir, harganya 600 bath untuk satu van…jadi lumayan murah karena kita bagi sepuluh orang.

kamar ini aku isi untuk 4 orang, harusnya cuma untuk 3 orang, untungnya petugas hotelnya ga mempermasalahkan

kamar mandi juga bersih


City Hotel Krabi ini menurutku recommended banget, karena : lokasi dekat dengan night market, dekat dengan Chao Fa pier dan Krabi river, sebelahnya persis ada seven eleven yang buka 24 jam, depan hotel persis ada wet market, jalan dikit udah nemu icon-nya Krabi yaitu black crab, kamarnya juga bersih dan luas, ada hot shower. Yang disayangkan hanya fasilitas wifi nggak bisa sampai di kamar, no breakfast (ini nggak masalah banget sih…karena ada seven eleven di sebelah yang nyediain macam2 nasi pack yang siap makan dan harganya murmer).


 sebelah persis hotel ada seven eleven yang buka 24 jam, jadi ga akan takut kelaparan. belakang hotel ada night market.

ini depan hotel persis ada wet market yang jual buah buahan segar dan sayuran... ini aku photo pas pagi2 banget jadi belum ada yang buka.


salah dua icon Krabi...lampu lalulintas unik...ini juga dekat dengan hotel kira-kira 50 meteran sebelah kiri hotel
 

Urusan check-in hotel selesai, bersih-bersih badan bentar, trus langsung cari travel agent untuk phiphi island tour kita besok. Sebenarnya hotel juga menyediakan paket tour, tapi kita mau bandingin dulu dengan tour agent yang lain, karena biasanya hotel jual lebih mahal. Untuk one day tour phiphi, hotel jual seharga 1800 bath/orang.

Banyak tour agent di sekitar hotel, tapi lagi-lagi karena ini pas mendekati Songkran day, jadinya hampir semua paket tour udah penuh semua, dan rata-rata yang ikut tour adalah orang Thai karena mereka memanfaatkan moment liburan panjang ini. Untungnya setelah cari-cari ada salah satu tour agent yang masih bisa menyediakan paket tour buat kita. Sempat deg-degan juga pas nyari-nyari tour ini…wuih kalau bener2 kehabisan gimana dong kita…masak jauh-jauh ke Krabi nggak bisa ke phiphi island, apalagi kita nyari buat orang sepuluh..kan pasti lebih susah.
Akhirnya setelah tawar menawar sepakatlah kita dengan harga sbb :
  • 100 bath/orang untuk ke Tiger Cave temple.
  • 1400 bath/orang untuk paket phiphi island.
  • 600 bath/orang untuk nonton pertunjukan cabaret Lady boy termasuk antar kembali ke hotel, untuk yang nggak nonton cabaret bayar 100 bath untuk van-nya.
  • 500 bath/orang untuk 5 island (yang 4 island habis, dan untuk 5 island ini kita dapat harga yang sama dengan 4 island).
Sedikit review untuk tour&travel kita ini. Namanya Krabi Tourist Guide Service, alamatnya di 5 Maharat Road, Soi 10 Paknam Muang Krabi. Lokasinya dekat banget dengan City Hotel Krabi, kira-kira 100-150 meter sebelah kanan hotel di lajur jalan yang sama. Yang melayani kita namanya Ms. Sao, bahasa inggrisnya lancar dan sangat helpful banget. (Crita dikit : pas kita ada dikantor tour ini ada turis dari China yang mau beli bagasi air asia, tapi ternyata kartu kreditnya nggak bisa dipakai, Ms. Sao ini mau lho bantuin pake kartu kredit-nya dia dan turisnya bayar cash ke Ms. Sao, padahal turis ini nggak beli paket apapun ke travel agent ini…dan kemungkinan kan kartu kredit-nya bakalan kena beda kurs antara yuan dan bath kan…). (Crita dikit lagi sambungan yang tadi…hehehehe… : si pasangan turis China tadi ternyata Bahasa inggrisnya kacau parah deh…ngomong dengan Ms. Sao ga nyambung-nyambung, nah ternyata yang bisa nerjemahin malah Dien…bravo Dien kamu ngerti banget bahasa kalbu mereka…hehehehe).

Krabi Tourist Guide Service

Langsung deh sore itu kita berangkat ke Tiger Cave temple, di drop aja dan janjian 2 jam lagi atau sekitar jam 7 malam akan dijemput di area parkir Tiger Cave. Untuk ke tiger cave temple ini sebenarnya bisa naik songthew warna merah yang ada disekitar City Hotel ini, per-orang kalau ga salah 20 bath one way, tapi karena ini sudah sore takutnya pas pulangnya sudah nggak ada songthew lagi.

Tiger cave temple atau Wat Tham Seua, merupakan temple Buddha yang diperuntukkan untuk meditasi para biksu. Dinamakan tiger cave karena konon saat ada salah seorang biksu bertapa di sebuah gua, dia melihat ada harimau yang berkeliaran disana. 




Sayangnya pas kita kesana area temple yang dibawah sudah tutup atau mungkin masih tertutup untuk umum karena ada renovasi. Selain itu juga banyak sekali pembangunan di area temple ini. Para biksu banyak sekali dijumpai di sini karena memang tempat ini juga merupakan tempat tinggal para biksu. Yang paling menarik dan menantang tentu saja adalah temple yang berada di atas bukit, dan untuk mencapai temple tersebut kita harus melewati 1237 anak tangga yang dibeberapa bagian sangat curam. Disepanjang jalan menuju puncak juga banyak kawanan monyet, mereka tidak mengganggu sih…cuma aku kok syereeem juga ngeliatnya.


 1.237 stairs to the top... are you ready ???
 sepanjang tangga naik banyak stupa stupa kecil dan monyet... don't feed them okey..
 kalau selfie bolehlah...but please don't feed them

kalau nih anak ga ada takut-takutnya blass

 100 anak tangga pertama terlewati dengan mudah….100 berikutnya udah mulai berkeringat….100 kemudian bercucuran…100 selanjutnya ngos-ngosan tiap 20 langkah..napas mo putus…100 kedepan lagi udah gemetar…kagak kuaaaat….hahahaahhahaha….ternyata aku ga bisa menyelesaikan tantangan tangga kali ini…hhahahaha…cuma bisa sampai 500 sekian… separo aja ga nyampe…duh… nyesel juga ga bisa sampai puncak. Ada juga turis bule yang nyerah dan turun lagi…jadi aku ga malu-malu amat pas mau balik turun hihihihi..

 573 stairs from 1.237... aaaaarrrggghhhh

 malu...nyungsep ajah..hahaha

Meskipun tidak sampai puncak tapi pemandangan ke bawah indah lho, aku membayangkan kalau di puncaknya pasti tambah indah lagi.

 great view from "half" above (abaikan wajah kumut-kumut yang juga pengen nampang)

Dari Tiger Cave, malam ini kita menghabiskan malam di Sonkran Festival Night Market yang digelar di sepanjang sungai Krabi. Wuiiihhh…makanannya menggoda selera dan enak-enak, pokoknya nggak ada makanan yang kubeli yang nggak enak…hahahahaha…semuanya enyaaaaakkkk. Bukan hanya makanan yang ada disini, souvenir, baju, sepatu, accessories… semuanya ada di sini dengan harga murah2 pula.








a must try food when visiting thailand... fried grasshopper.. yummy


Day 3 - Awesome beach, bay & lagoon

Tepat jam 8 pagi songthew yang menjemput kita sudah ada didepan hotel dan langsung deh kita cap cus ke Ao Nang. Sepanjang perjalanan menuju Aonang (ditempuh sekitar 20 menit) disuguhi dengan pemandangan indah limestone.

 action dulu di depan hotel sambil nunggu jemputan...ready to nge-beach (foto dulu sebelum warna kulit berubah jadi gosong hahaha). Jangan lupa bawa tas tahan air yach... atau bawa tas kresek biar barang-barang ga basah. Ini aku beli tas waterproof di online shop ukuran 15 L seharga 90ribu-an... lumayanlah buat nge-beach.


 ini songthew yang menjemput kita..

 sepanjang perjalanan disuguhi pemandangan limestone yang memikat

Diturunkan di pantai Nopharat Thara, disana sudah ada petugas yang menyambut dan menanyakan tujuan kita serta dari hotel mana untuk keperluan pendataan. Setelah dicocokkan dengan daftar yang dia bawa, kita dikasih stiker warna yang dipasang di baju kita dan disuruh menunggu sampai keberangkatan jam 9. Semakin mendekati jam 9 semakin banyak rombongan yang datang sehingga jalanan serta pantai jadi ramai sekali.

 Nopharat thara beach...

 petugas akan menyambut kita dan beri sticker untuk penanda... ibu yang pakai kaos biru ini nantinya sekaligus guide kita hari ini

 boat yang kita pakai untuk tour phiphi kita hari ini


Akhirnya jam 9 pagi rombongan stiker kuning dipanggil juga untuk kumpul, absen berdasarkan hotel dan briefing sekilas tentang tour kita hari ini. Dalam satu boat kira-kira ada 35-an orang.
Paket yang kita ambil adalah one day tour phi phi island, jadi hari ini kita diajak untuk mengunjungi atau sekedar melihat beberapa tempat yaitu : Bamboo island, Viking cave, Lohsamah Bay, Pileh Bay, Maya Bay, Monkey Beach, Phi Phi Don, Hin Peang. Phi phi island sendiri merujuk pada gugusan dua pulau di laut Andaman, yaitu Phi Phi Don dan Phi Phi Leh. Nah di kedua pulau ini dan sekitarnya terdapat banyak pulau kecil lain dan teluk-teluk yang sangat indah dengan pasir putihnya, batu-batu karangnya serta airnya yang jernih. Tempat yang sangat cocok bagi pecinta pantai, snorkeling & diving. Tempat yang cocok pula bagi pencinta olahraga rock climbing, karena di sepanjang Riley beach banyak banget tempat dan fasilitas yang tersedia untuk olahraga ini, tentu saja dengan pemandangan laut yang spektakuler juga.

Awalnya aku juga pengen mencoba…..kepengin bangeeett malah…untuk rock climbing ini…kan keren tuh kalau kita bisa rock climbing trus liat pemandangan laut dari atas batu karang tersebut. Tapi setelah dipikir-pikir lagi nggak jadi deh dengan beberapa pertimbangan : kasian teman2 yang lain jadi nungguin aku doang, trus (ini yang paling utama & kelihatannya yang paling masuk akal)…takutnya aku cuma bisa climbing 1 meter aja udah jatuh…hahahahaha..kan malu-maluin ntar.. jadi rock climbing skip dulu, masuk daftar tunggu aja. Aku bukan sporty woman dan ga pernah manjat2, so pasti 1 meter aja udah luar biasa….atau ga sampe kali ye….

Balik lagi ke paket phi phi island….dari 8 tempat tersebut, tempat yang benar-benar kita “kunjungi”, maksudnya kita injakkan kaki ke tempat tersebut adalah Bamboo island, Maya Bay, Phi Phi Don dan Hin Peang.
Tujuan pertama adalah Bamboo island, pulau dengan pantai pasir putih dan air jernih. Disini kita dikasih waktu 45 menit untuk explore pulau, snorkeling atau berenang di pantai.

bamboo island... its so wooooowwww.... pasirnya yang putih, airnya yang biru hijau jernih, langitnya pas mendukung juga...
 yang aku heran kenapa namanya bamboo island padahal ga ada pohon bambu lho disini, kebanyakan malah pohon pinus...entahlah...hahaha...yang penting bagussss banget pulaunya.

 my first try on snorkeling...pemanasan di pinggir pantai dulu aja...belum berani terlalu ke tengah karena emang ga bisa renang.


Dari Bamboo island kita lanjut melihat Viking cave. Perahu akan diarahkan sedekat mungkin ke ceruk gua agar kita dapat melihat lebih jelas ke dalam. Entah kenapa dinamakan Viking cave karena sebenarnya nggak ada hubungannya sama sekali dengan bangsa Viking pada jaman dahulu, karena tempat ini sebenarnya hanya sebuah ceruk gua di batu karang dan menjadi sarang burung. Tetapi airnya memang jernih banget dan kita bisa melihat banyak ikan di sekitar gua tersebut.


Viking cave


Berikutnya adalah Pileh Bay dan Loh Samah bay. Di kedua tempat ini kita juga hanya lewat saja, tidak sampai berlabuh, boat sempat dimatikan sebentar mesinnya dan kita diberi kesempatan untuk foto-foto dari dalam boat dengan pemandangan latar belakang limestone yang sangat indah-indah tersebut. Bener-bener baguuusss deh…perpaduan limestone dan warna air yang hijau biru bikin sejuk di mata dan hati.

  Pileh bay
 Loh Samah bay

 Perhatikan airnya yang super jernih...suueejjuukkk

 Perhatikan orangnya yang super keren...hahahaha...nampang


Tujuan selanjutnya adalah Maya bay. Inilah yang membuat phi phi island terkenal, karena di tempat ini…di Maya bay ini pernah dijadikan shooting film The Beach-nya Leonardo d Caprio, sehingga kunjungan turis ke tempat ini jadi tinggi berkat film tersebut. Teluknya sendiri ga seberapa besar, tapi putihnya pantai dan hijau jernihnya air bikin kita betah disitu, panasnya nggak usah dibilang…luar biasa..gosong. Ga bisa lama-lama juga main disini, dibatasi hanya 45 menit saja sudah langsung naik ke boat lagi.


boat-boat yang akan menuju Maya bay... 

pantai indah tapi kecil sehingga tampak penuh dengan orang... susah cari spot untuk foto yang agak longgar
 
 siap-siap renang apa mau action foto aja nich....hahaha



cari spot dan angel foto yang agak sepi dari pengunjung...

Dari Maya bay kita akan makan siang di Phiphi Don, tapi sebelumnya dimampirkan dulu ke monkey beach... pantai yang dihuni oleh sekawanan monyet. Kita tidak diturunkan di pantai ini, hanya mendekat dan foto-foto dari dalam boat saja.


 Monkey beach

Monyet2 nampang untuk difoto


Dan tujuan kita sekarang adalah makan siang di Phi Phi Don. Phi Phi Don ini pulau berpenghuni…lain dengan phi phi leh. Di pulau ini banyak sekali penginapan dan rumah makan bagi turis yang ingin menginap disini. Bagi yang punya waktu banyak memang mending menyediakan satu hari khusus untuk explore phi phi don dan sekalian menginap di pulau ini, karena banyak banget tempat yang bisa di explore di phi phi don ini, misal view point dimana kita bisa melihat Ton Sai bay & Loh Dalum bay dari ketinggian. Sayangnya karena kita hanya dikasih waktu 1.5 jam disini, aku ga sempat naik ke view point ini….padahal kepingin lho.
Paket makan siang kita enyaaakkk banget….masakan internasional dan rasanya pas banget di mulut…terutama ayam gorengnya, boleh nambah asal masih sisa.


Phiphi Don...

 antri makan... yang pada kelaparan

 setelah kenyang nampang dulu...


 penginapan dan stand souvenir disepanjang jalanan di phiphi don

Tujuan terakhir kita adalah yang paling ditunggu-tunggu yaitu snorkeling…. Ada dua tempat yang dijadikan lokasi untuk snorkeling. Di lokasi pertama ombaknya agak besar, jadi agak lumayan takut juga secara aku ga bisa berenang hanya mengandalkan jaket pelampung aja. Yak…ini memang pengalaman pertamaku snorkeling, susah banget pertama kali menyesuaikan diri bernafas dengan alat snorkeling lewat mulut, dan lagi aku harus bisa menyeimbangkan diriku biar ga terbawa arus. Pertama ya selalu minum air laut dan susah banget menggerakkan diri, jadi aku nempel terus di teman yang bisa berenang…hehehehe. Tapi lama-lama…sekitar 15 menit di air aku bisa menyesuaikan diri juga…dan asyik banget bisa lihat ikan dan terumbu karang di bawah laut.


 ready guys ???

 uhuuyyy.... my first snorkeling...peace

 ikannya nggak ada yang takut, malah mereka berusaha mendekati kita.

 nieh anak kayak ikan aja deh... ga pake vest & snorkeling..cepet banget ngilangnya... putri duyung ya mbak ?? hahahaha

ternyata bisa lelah juga...fuiihh...but its so fun


Karena ombaknya besar dan jadinya penumpang yang ga nyebur air banyak yang mabok, jadi kita dicarikan spot snorkeling yang lebih tenang. Di tempat yang lebih tenang, aku jadi lebih berani agak jauh-jauh dari kapal…hehehehe…dan akibatnya capek banget karena harus kembali ke kapal agak jauhan, lha aku berenang di kolam aja kagak pernah ^_^
Semua peralatan snorkeling dipinjemi dari pihak boat tour, tapi tanpa kaki katak ya… Kalau ngilangin didenda 1000bath.

Puas bersnorkeling balik ke boat dan kembalikan peralatan snorkeling, guide akan membagikan kotak tips ke penumpang, silahkan isi serelanya…kagak pun tidak apa-apa. Boat langsung meluncur kembali ke Nopharat Thara beach dan selesailah phi phi island one day tour kita, tepat jam 16.00. Dan oleh tour guide-nya diedarin semacam kotak sumbangan, silahkan mengisi seiklasnya karena ini untuk tip para kru kapal dan tour guide-nya. Di pantai ada dijual foto kita pas berangkat seharga 200bath, silahkan beli bagi yang berminat. Fotoku sih pas manyun jelek banget jadi ga kubeli.

Dikasih waktu 15 menit buat bersihin badan….pas 15 menit lho ya….kita sampai di samperin di kamar mandi dan diteriak-teriakin sama guidenya karena kita lama banget.
Dari Nopharat Thara beach kita diantar songthew ke Ao Nang beach, karena malam ini kita mau nonton Ladyboy show di Aonang. Masih ada waktu sekitar 3 jam sebelum pertunjukan dimulai, kita jalan-jalan di Aonang walking street dan pastinya belanja dong.
Bagi yang suka dengan pantai dan kehidupan malam, akan lebih cocok kalau menginapnya di Aonang, karena persis di pinggir pantai dan banyak café dan tempat kongkow asyik disini. Tapi memang harga hotelnya lebih mahal dibandingkan di Krabi.


 pantai Aonang...sepi karena orang lebih terkonsentrasi di walking street-nya

makan malamku....ueennyaaakkkk... tom yam gung dan phadthai


Jam 8 malam, bertiga saja aku, mbak Esti dan Ucup yang nonton pertunjukan Ladyboy. Nama pertunjukannya adalah Blue Dragon Cabaret show, ada di lantai 3 gedung Center Point yang letaknya persis dibelakang Aonang walking street. Pertunjukan berlangsung 1 jam dan no camera (aku sempat ditegur gara-gara diam-diam foto mereka), tempat pertunjukan kecil dengan kapasitas 50 orang tapi saat itu hanya terisi 11 orang termasuk kita. Lumayan lucu dan menghibur, tapi kalau sudah pernah nonton Alcazar atau Tiffany show mending di skip aja Blue Dragon show ini. Untuk foto dengan mereka harus bayar 40bath per orang.






Jam 9.30 malam kita udah janjian dengan orang tour yang akan jemput kita di depan McDonal Aonang, balik hotel, mandi dan tidur siapin tenaga buat besok tour 5 island.



Day 4 – Hari yang meng-gosongkan


Sama seperti kemarin, tepat jam 8 kita dijemput songthew di hotel. Hari ini kita akan tour 5 island, yaitu : Tup island, Moore island, Chicken island, Poda island dan Railay Bay & Phra Nang Cave. Lokasi kumpul untuk tour ini beda dengan kemaren. Kemarin untuk tour Phi Phi island kan kumpulnya di Nopharat Thara beach, kali ini untuk tour 5 island kumpulnya di Ao Nammao Pier. Sempat bingung pas sampai di sini, karena supir songthew-nya nggak ngasih petunjuk apa-apa ke kita, kita cuma disuruh masuk aja ke pier-nya. Pas kita udah di dalam pier bingung karena nggak ada yang menyambut kita kayak kemaren. Jadi pier ini memang untuk umum dan rombongan tour jadi satu di sini, dan pier-nya sendiri kecil doang sementara banyak banget long tail boat yang ada di situ. Akhirnya kita nanya ke petugas yang lagi sibuk ngangkutin barang ke long tail boat yang di kaosnya ada tulisan tour&travel, dan memang benar kita harus nunggu di pier ini, nanti nunggu di panggil karena saat ini memang lagi sibuk ngangkutin ransum ke dalam long tail boat.

 Ao Nammao pier

 Formasi "kurang lengkap" hari ini...kurang mbak Ika yang lagi sakit

 Longtail boat yang kita gunakan untuk tour kita hari ini
 kesibukan pagi hari di pier....



Jam 9 tepat tour dimulai, kali ini kita naik long tail boat yaitu kapal tradisional khas Thailand semacam perahu tapi jangan dibayangin perahunya kecil trus jalannya lelet yaa… Sekapal isinya sekitar 30 orang.

Tujuan pertama adalah Tup & Moore island, dua pulau kecil (keciiilll banget) yang bisa diseberangi dengan jalan kaki di pasirnya yang super putih bila air surut. Meskipun pulau-nya kecil tapi sumpah bagus banget, airnya jernih, pasirnya putih, kereeen pokoknya. Naik ke puncak Tup island, dari sana bisa melihat laut di bawahnya yang supeeerrr keren.



 inside longtail boat....eeehhh udah ada yang menguap...hahahaha

 nah..ini tup island yang disebelah kiri, moore island yang kanan

 nih orang yaaa....hahaha

 duuhhhh...kalian ini bikin iri aja looohh... asyik banget kalau kesini bareng pasangan, sekalian honeymoon..

 airnya juerniiihhh...ga usah snorkeling untuk liat ikan2

 


 dari atas bukit pulau tup

Dari Tup & Moore island kita dibawa ke Chicken island yang dekat banget dari Tup island, dan sebenarnya kita bisa snorkeling disini tetapi karena banyak ubur-ubur jadi kita hanya mengitari Chicken island sambil berfoto dari dalam perahu saja.


mirip apa ??? ayam ? dinosaurus ? bebek ?... pokoknya namanya pulau ayam...hehehe

Akhirnya oleh tour guide, kita dicarikan tempat snorkeling yang lebih aman. Lebih aman dari ubur-ubur, tapi ternyata lokasi snorkeling hari ini nggak sejernih seperti yang kemaren, jadi kita snorkeling sebentar aja trus naik lagi ke boat.






Selanjutnya kita ke Poda island, pulau dengan pantai berpasir putih tempat kita menikmati makan siang sederhana yang disediakan pihak tour. Meskipun sederhana tapi enak lhoohh.. mungkin karena kita kelaparan yaaa…hahaha..apalagi pemandangannya luar biasa keren… jadi makan apapun jadi enyaakkk.

tour guide kita sedang menyiapkan makan siang kita

 antri ransum makan...hehehe

our lunch with beautiful view

yeaahhh...what a beautiful day !!!


 

Tujuan terakhir tour kita hari ini adalah Railay bay dan Phranang cave. Di sini kita diberi waktu 1 jam untuk explore pantai, snorkeling, berenang, dan menjelajah Phranang cave. Phranang cave sendiri mempunyai daya tarik tersendiri karena gua ini merupakan gua yang ‘tidak biasa’. Gua ini adalah tempat sembahyang untuk menyembah dewa-dewi kesuburan, jadi yang ingin cepat punya momongan biasanya sembahyang di tempat ini. Yang unik adalah didalam gua terdapat banyak sekali berserakan patung alat kelamin pria mulai dari ukuran kecil sampai seukuran manusia, ada yang lebih tinggi lagi malah, dan kebanyakan terbuat dari kayu, katanya sih patung-patung itu memang dibuat untuk persembahan.

Railay bay dari kejauhan... gugusan limestone yang banyak dimanfaatkan untuk panjat tebing.



Hotel termahal di Krabi, Rayavadee hotel, kabarnya semalam 4 jeti..

 Restoran unik, restoran di dalam gua...khusus untuk penghuni hotel saja

 Phranang cave..


 kalau lapar bisa langsung jajan di warung terapung ini

 ini enaaakkk...pancake mangga...aisshhh jadi ngiler

 nampang dulu...brasa model hahaha



Selesai tour kita semua dikembalikan ke hotel, mandi-mandi bentar trus langsung cap cuz ke Krabi night market yang deket banget dengan hotel. Tapi sebelumnya ke Krabi river dulu buat foto sama mr.krab, kepiting hitam lambang dari kota krabi.

 



Di Krabi night market rasanya pengen dibeli semua deh makanan-makanan dan souvenir-souvenirnya tuh… duh jadi lapar mata. Entah gimana nih nasib bagasi besok…hahaha..









wow...berhamburan berserakan entah gimana caranya masuk tas semua...hahaha






Day 5 – A must visit when in Kuala Lumpur



Pagi hari kita diantar oleh pihak hotel ke bandara Krabi dengan van yang telah kita booking sebelumnya, dan terbanglah kita ke Kuala Lumpur….bye bye Krabi… I already missing you. Pokoknya harus kesini lagi lain kali !!!

Sambil menunggu penerbangan ke Surabaya, rencana kita hari ini adalah ke Putrajaya, tapi sebelumnya biar ga putus urat punggung…kita mau titipin bagasi dulu di airport. Letak penitipan bagasinya gampang kok carinya. Keluar dari pintu arrival langsung aja belok kanan, letaknya ada di pojokan, persis di depan escalator kalau mau naik ke departure hall. Biaya-nya agak mahal sih, 1 tas-nya sekitar 20 ringgit… tapi dari pada punggung patah ya terpaksa harus dititipin kan..




Dari KLIA2 menuju Putrajaya kita memakai KLIA express seharga 6,2 ringgit, 15 menit udah nyampe ke stasiun Putrajaya. Saya karena cuma punya waktu sekitar 2 jam sebelum waktunya boarding ke Surabaya harus cepat-cepat biar nggak terbuang waktunya, biar nggak ketinggalan pesawat juga…agak nekat juga sih sebenarnya karena waktunya mepet banget. Jadi akhirnya dari stasiun Putrajaya kita naik taxi turun di Dataran Putra.

 ini ada juga locker di stasiun putrajaya, tapi aku nggak sempat nanya-nanya harganya karena waktunya mepet.

Rencananya kita mau ikut Cruise Tasik, yaitu tour menyusuri sungai Putrajaya dengan menggunakan boat atau kapal dan melewati bangunan-bangunan terkenal di sepanjang aliran sungai di Putrajaya. Untuk menuju Cruise Tasik ini mudah sekali. Begitu sampai di Dataran Putra dekat dengan Masjid Putra ikuti saja petunjuk menuju Cruise Tasik, petunjuknya mudah ditemukan kok. Kita memilih menggunakan lepa-lepa (semacam sampan kecil muat untuk 10 orang) dengan harga 10,6 ringgit per-orang. Tour sekitar 45 menit. Karena sepi kita bisa langsung naik dan jalan untuk tour dengan ditemani pengemudi sekaligus tour guide kita yang ternyata adalah orang Indonesia asli Padang tapi sudah lama bekerja di Malaysia.



 pasukan siap !!!!


Sungai yang mengelilingi Putrajaya ini ternyata adalah sungai buatan lhooo… amazing juga dengarnya. Bangunan-bangunan yang kita lewati indah-indah dan menarik untuk dijadikan objek foto. Berikut foto-fotonya.








Setelah kurang lebih 45 menit, boat kembali ke tempat semula, kita kasih sedikit tip untuk bapaknya yang udah baik hati menjelaskan banyak hal tentang Putrajaya ke kita. Dan aku langsung cepet-cepet cuz pakai taxi ke KLIA2 untuk mengejar pesawat ke Surabaya, yang lain masih bisa agak santai karena penerbangannya agak malaman.

Sempat kesasar pas nyari tempat penitipan bagasi di KLIA2 saking besarnya tempat ini…duhhh…padahal waktu udah mepet pet pet… Untung aku ga ada bagasi jadi bisa langsung nyelonong ke imigrasi, dan baru duduk selama 10 menit udah langsung dipanggil untuk boarding…fuihhh…thanks God tepat waktu.

Bye bye Malaysia, bye bye again Krabi…see you soon..



Total pengeluaranku :


Day Rute MYR THB
Day 1 Bus KLIA2 to KLSentral 10.00

Lunch at Daebak KLSentral (RM15 dibagi 2 orang) 7.50

Left luggage locker (2 locker besar @RM20 dibagi 10 orang) 4.00

LRT from KL Sentral to KLCC 1.60

Gareth popcorn big (paperbag) 46.00

Aunt Anne cake 1.90

Almond peanut @7/11 4.50

LRT from KLCC to KLSentral 1.60

Monorel from KLSentral to Bukit Bintang 2.10

Tarik tea @jalan Alor 3.00

Thai insurance (paid on Malaysia border) 5.00

Thai immigration officer 1.00

Toilet 2 times 0.60

Sub Total 88.80
Day 2 Breakfast @7/11 Hatyai
36.00

Thai phone card
200.00

Manggo
60.00

Fridge magnet 5 pieces
90.00

Minivan from Hatyai to Krabi
250.00

Snack
17.00

Minivan rent to tiger cave temple (THB1000 dibagi 10 orang)
100.00

Thai tea
20.00

Shopping @Songkran Festival (snack, accessories, food, jeans)
588.00

City hotel for 3 nights
1,240.00

Sub Total
2,601.00
Day 3 Breakfast @7/11 Krabi
37.50

Phi Phi Island tour
1,400.00

Phi phi fridge magnet
60.00

Tip for phi phi tour
40.00

Blue Dragon Cabaret Show include transfer to hotel
650.00

Photo with ladyboy
40.00

Pashmina (3 pieces)
500.00

dinner (tom yum & pad thai)
210.00

Sub Total
2,937.50
Day 4 Breakfast @7/11 Krabi
25.00

5 island tour by longtail boat
500.00

tip for 5 island tour
20.00

Shopping @Krabi night market
1,678.00

Sub Total
2,223.00
Day 5 rent minivan to airport (600bath/van)
60.00

Luggage storage @KLIA2 19.10

To Putrajaya by KLIA transit 6.20

Taxi to Dataran Putra 3.50

Cruise Tasik by Lepa-lepa 10.60

Tip Cruise Tasik (RM20 dibagi 10 orang) 2.00

Taxi from Putrajaya to KLIA2 (RM50 dibagi 3 orang) 17.00

Lunch 12.60

Sub Total 71.00 60.00

TOTAL 159.80 7,821.50

in IDR (kurs IDR3,565/MYR and IDR412/THB) 569,687.00 3,222,458.00

Buy online :


Ticket SUB-KL-SUB Air asia 370,000.00

Ticket KBV-KL Air Asia, THB880 352,000.00

Ticket Bus KL-Hatyai, RM70 249,200.00

GRAND TOTAL in IDR
4,763,345.00