Translate

Selasa, 25 Oktober 2016

Puncak B29 Lumajang - Negeri di atas awan


Puncak B29 terletak di desa Argosari Kecamatan Senduro Kab. Lumajang, termasuk dalam  kawasan taman nasional Bromo Tengger. Dikalangan wisatawan biasa dikenal dengan Negeri di atas awan, karena dari atas B29 kita bisa melihat keindahan gunung Bromo dari atas dan apabila cuaca mendukung maka awan akan meliputi permukaan gunung Bromo dan kita seolah-olah berada di atas awan. Selain gunung Bromo, dari sinipun bisa terlihat gunung Semeru. Melihat sunrise dari puncak B29 sangatlah mengagumkan dan membuat kita akan takjub dan tidak henti bersyukur atas anugerah Ilahi.

Di bulan Maret 2015 atas undangan teman, aku berkesempatan untuk mengunjungi Puncak B29 ini dengan gratis… asyikk… thanks Jias.

Berangkat ber-tujuh, yaitu : aku-Peni, Dien, Jias, Thata, Monica, Restu, dan dek Nia, kita berencana untuk camping di puncak B29 sambil menunggu matahari terbit. Jadilah di mobil yang kita bawa penuh dengan kita beserta peralatan camping dan kayu bakar.

Dalam perjalanan ke Lumajang, kita mampir dulu di pura terbesar se Jawa Timur, yaitu Pura Mandara Giri Semeru Agung yang terletak di daerah Senduro Lumajang. Kalau sudah melewati pura ini berarti sudah hampir sampai di kawasan B29. Mudah sekali kok untuk menuju B29 ini, selain petunjuk banyak jalanan juga sudah mulus sampai di kaki gunung (loket pengunjung).


Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang, pura terbesar se Jawa Timur 


 
 
Kalau sudah melewati Pura Mandara, maka petunjuk menuju B29 semakin banyak meskipun kadang ga jelas, karena terlalu kecil atau letaknya yang tidak strategis
 
Saat kita tiba di desa Argosari ternyata hujan lebat dan jalanan licin banget. Sambil menghangatkan tubuh dengan kopi dan mie instan di salah satu warung, kita diskusi gimana kelanjutan acara camping kita jika hujan terus lebat seperti ini. Sementara para tukang ojek terus bergantian menanyakan apakah butuh jasa mereka untuk naik ke puncak B29. Karena untuk mencapai puncak B29 tidak ada jalan lain selain jalan kaki atau naik motor, karena mobil tidak bisa lewat. Mobil harus diparkir di bawah, dan bisa lanjut dengan jalan kaki sekitar 2 jam, atau memakai jasa ojek dengan tariff 150ribu per orang untuk perjalanan pulan pergi. 150ribu ini harga buka mereka lho yaa... Aku lihat di blog-blog lain ada yang bisa dapat harga 50ribu PP. Tetapi alasan para ojek tersebut karena hujan sehingga jalanan licin makanya mereka patok harga 150ribu. Bisa ditawar kok, silahkan yang ahli menawar mengeluarkan kemampuan menawarnya.
Melihat kita kedinginan dan galau camping, salah seorang tukang ojek menawarkan penginapan dirumahnya seharga 75ribu per orang. Akhirnya setelah tawar-menawar kita sepakat dengan harga IDR1.070.000 untuk penginapan dan ojek pulang pergi sampai puncak B30 (bukan B29, karena lebih naik ke atas lagi). Harga tersebut untuk 7 orang.


Deal harga dengan bapak2 ojek dan pemilik penginapan

Ini kamarnya.... Jangan berharap seperti kamar hotel ya.. yang penting cukup untuk tidur nyaman dan tidak kedinginan.

Agar tetap merasakan aura camping, kita masak mie dan kopi tetap pakai kompor parfait yang kita bawa..hehehe

Happy birthday Jias & Thata... seharusnya kita mau melakukan ini di puncak B29
 
Akhirnya malam ini kita malah tidur di rumah warga, dan acara api unggun tetap terlaksana meskipun ga ada bakar-bakar jagung, cukup nyanyi-nyanyi diiringi music dari handphone sambal merayakan ultah Jias dan Tata...hehehe

lumayan masih bias ber api unggun meskipun tidak di puncak gunung, tapi di depan rumah warga...hehehe
 
Sesuai kesepakatan jam 2 pagi kita dijemput oleh ojek untuk diantar ke puncak B29 & B30. Jam 2 harus bangun di tengah udara yang syuper dingin tuh sesuatu banget yach... pengennya nyungsep aja di kasur dan ga mau kluar-kluar... tapi demi sunrise di negeri atas awan keinginan untuk nyungsep di kasur bisa kalah.

persiapan menuju puncak...nungguin ojek jemput
 
Hujan rintik masih terus mengguyur selama perjalanan kita naik, dan ini yang menyebabkan jalanan menjadi sangat licin dan berbahaya. Beberapa sepeda motor yang kita lewati sampai harus dituntun karena pengendaranya ga terbisa lewat jalur tersebut. Ada juga yang sampai rantainya patah, karena memang jalan menuju puncak rusak parah terkena aliran air hujan. Kita beberapa kali juga harus turun karena sepeda tidak kuat terkena lumpur liat dan licin. Ada beberapa teman sampai terjatuh karena licinnya medan. Perjalanan dengan ojek ke puncak ditempuh selama 2 jam lebih, padahal jika jalanan tidak licin hanya perlu waktu setengah jam saja. Lumayan capek dan ngos-ngosan karena saat jalanpun kita harus berkutat dengan lumpur sampai sepatu jadi tebal karena lumpur.
Kalau sudah seperti ini kita yang tadinya merasa kemahalan dengan harga ojek yang 100ribu per orang jadi merasa kasian juga dengan pak ojek-nya. Dengan harga segitu pagi buta sudah harus bangun dan kemudian harus menempuh medan yang bisa merontokkan sepeda motor  mereka...ahh.. perjuangan untuk hidup.

kalau jalanan terlalu rusak dan licin, penumpangnya turun dan sepeda dituntun sampai menemukan jalan yang bagus

bahkan sepeda trail pun kesulitan
 
Ada yang udah kecapekan mau nangis karena jalanan naik terus dan medan berat.... tapi kamera lewat depannya masih mau eksis..hahaha

Yang kecapekan karena jatuh berkali-kali sampai melewatkan pemandangan indah di belakangnya...hihihi
 
 
Dengan medan yang lumayan berat seperti itu, saat sampai di puncak dan kemudian melihat matahari terbit yang begitu cantiknya.... wuiihhh... terbayar deh semuanya.


 
Setelah matahari terbit, udara begitu cerah.. rasanya hujan semalam tidak ada bekasnya sama sekali, bahkan awanpun tidak ada yang lewat sama sekali. Nah karena keterlaluan cerahnya maka awan-awan yang biasanya disekitar gunung Bromo juga tidak ada, sehingga nuansa seperti seolah-olah kita di atas awan juga ga dapat momentnya. Tapi ga papa, karena pemandangan di sekitar sudah sangat bagus.

 


(ki-ka) Jias, me-Peni, dek Nia, Restu, Dien, Monica, Thata
 
 
Kita berada di puncak B29 & B30 selama hampir 2 jam, foto-foto narsis, ngobrol sana sini dengan teman-teman, cari kenalan baru, makan cemal-cemil, dan minum kopi panas dengan pemandangan yang menakjubkan sangatlah nikmat... but jangan lupa sampah bawa kembali turun ya guys, jangan ditinggal di puncak gunung.

Matahari sudah semakin naik, saatnya kita pulang...turun ke penginapan (yang hanya ditempuh ga sampai setengah jam). Karena sudah terang sekarang kita bisa lihat jalan yang kita lalui tadi malam. Ternyata kita melewati pertanian kentang dan bawang yang sangat subur. Jadi ga ada salahnya kan kalau sedikit berfoto-foto...hehehehe 





Dan kita baru benar2 lihat jalanan yang kita lalui tadi malam. Memang rusak parah dan bersyukur kita bisa sampai atas dengan selamat meskipun dengan sedikit perjuangan. Dan karena merasa jalan pulang sudah aman, kita ngebut lhooo...hahaha...dan terpereset dan jatuhlah aku dan pak ojek. Makanya jangan sampai lengah yaa... apalagi kalau di gunung.
Saran saya sih mending ke B29 saat musim kemarau saja kecuali bagi yang senang tantangan jalanan licin...hehehe





Sampai penginapan kita mandi dan sarapan, lalu langsung balik pulang ke Surabaya.

Ini dia pak ojek yang antar aku

Full team bersama para pak ojek di depan rumah penginapan kita setelah perjalanan yang melelahkan...
 
Bye friends... hayuk kapan naik gunung lagi (pake ojek saja...hahaha). Thanks Jias atas undangannya.
Ini pengeluaran kita bertujuh (paid by Jias...hehehe) :
Item IDR 
sewa mobil + solar                      700,000.00
ojek + penginapan                   1,070,000.00
tiket masuk                         21,000.00
kayu + bensin                         58,000.00
sewa tenda                      100,000.00
gas                         35,000.00
Total pengeluaran                   1,984,000.00


 
 

17 komentar:

  1. jadi pingin ke lumajang, terimakasih telah menulis hal ini

    BalasHapus
  2. Wah, belum ke B29nya

    www.makarimstage.blogspot.co.id

    BalasHapus
  3. http://makarimstage.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  4. Wah, medannya berat juga ya. Tapi sepadan sama pemandangannya. Petualangannya juga seru. Apalagi menginapnya di rumah penduduk :)

    BalasHapus
  5. Thx untuk infonya..bermanfaat sekali buat aku yg suka jalan2..mampir jg yuk ke http://elementmtb.com/yuk-gowes-kesini-dijamin-bakal-seru/

    BalasHapus
  6. Wah bisa di coba.. Tapi aku pingin yg treking dari bromo www.turuahcamping.com

    BalasHapus
  7. Wah bisa di coba.. Tapi aku pingin yg treking dari bromo www.turuahcamping.com

    BalasHapus
  8. Wah bisa di coba.. Tapi aku pingin yg treking dari bromo www.turuahcamping.com

    BalasHapus
  9. Kawasan bromo memang luar biasa indahnya. Pernah sekali ke sana pengin ke sana lagi

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Sya kerja di Taichung Taiwan 4 THN 5 bulan. dlu Amat trsiksa Majikan gak baik Tiap hari di marahin kerja terus 24 jam jarang istrahat. waktunya tidur mlm Kerja sampe subuh pgi apalagi libur sekolah sibuk masak" boro" bisa istrirahat, pokoknya kerja.. kerja truss... jd TKW Bikin kapok tersiksa batin 4 THN lebih., kebetulan wktu itu ada teman Q kenal namanya Mbah Suroto di facebook, awalnya sya ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa..!! katanya sering di bantu sm beliau. ternyata dia seorang guru spritual Pesugihan Anka Togel 2D sampai 6D dan Pesugihan Dana Ghaib , tp sya beranikan diri coba telpon beliau. dan sya memilih Pesugihan Dana Ghaib nya. Alhamdulillah benar2 terbukti nyata hasilnya, sya di Taiwan bisa pulang ke indonesia degan selamat jg dah Alhamdulilah..  jika sampean minat ingin tlpn beliau ini nmr nya +6282291277145 smg bisa di bantu sprti sya. Amin...

    BalasHapus
  12. Wah kayanya asik tuh kak,keren lagi kak reviewnya,thanks share nya kak, jangan lupa kungjungan ke blog kami di http://www.dtmiceandtour.com/2018/03/open-trip-munggahan-melaka-kuala-lumpur.html

    BalasHapus
  13. Bandar Judi Bola, Live Casino, Agen Poker & Live Game Terbaru dan Terpercaya di Asianbola77
    Gampang Daftar, Gampang Main dan Gampang Menangnya..

    1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN :
    - SPORTBOOK
    - LIVE CASINO
    - POKER
    - SLOT GAME
    - LIVE GAME

    Segera Bergabung Bersama Kami di Asianbola77
    Promo Menarik Dari Asianbola77
    - Minimal Deposit Rp 25.000
    - Minimal Withdraw Rp 50.000
    - BONUS NEW MEMBER SPORTBOOK 100%
    - BONUS DEPOSIT HAPPY HOUR 09:00 - 21:00 WIB
    - BONUS CASHBACK UP TO 15%
    - BONUS LIVECASINO UP TO 0,8%
    - BONUS ROLLINGAN POKER 0,3%
    - BONUS REFFERAL 2.5%
    Contact Us Now :
    ?? Wechat : Asianbola77
    ?? BBM : DC8820C7
    ?? Wa : +6281244043118
    ?? Line : Asianbola77
    ?? Link Pendaftaran : lc.chat/now/9325575/

    BalasHapus
  14. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunrise, keindahan bromo dan sekitarnya. Jalan yang harus dilalui untuk sampai dilokasi ini cukup terjal, anda bisa menggunakan motor pribadi untuk bisa sampai ke puncak. Atau jika dirasa khawatir dengan jalanan nya anda bisa menggunakan jasa ojek penduduk lokal. Untuk tarif berkisar 50 ribu untuk sekali jalan dan 75 ribu untuk pulang pergi, pintar2 nego saja.

    Waktu terbaik untuk ke tempat ini bisa sore atau pagi hari. Dijamin mata anda akan di manjakan oleh pemandangan alam yg luar biasa.

    Travel Lumajang

    BalasHapus
  15. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    BalasHapus
  16. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus
  17. DISKON TOGEL ONLINE TERBESAR
    BONUS CASHBACK SLOT GAMES 5%
    BONUS ROLLINGAN LIVE CASINO 0,8% (NO LIMIT)
    BONUS CASHBACK SPORTSBOOK 5%
    Bonus di Bagikan Setiap Hari Kamis pukul 11.00 wib s/d selesai
    Syarat dan Ketentuan Berlaku ya bosku :)
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.net
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    WHATSAPP : (+855 88 876 5575 ) 24 JAM ONLINE BOSKU ^-^

    BalasHapus